Minggu, 01 April 2012

Bab 3 Akses Internet


   A.   Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet
Untuk dapat mengakses website suatu website, harus dibutuhkan browser(perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet). Ada beberapa browser yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, diantaranya adalah :
1.      Internet Explorer
Internet Explorer merupakan browser  bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi. Versi yang terakhir saat ini adalah Internet Explorer versi 8. Hasil survey yang dilakukan oleh perusahaan WebSideStory sebagai penganalisa web, menunjukan bahwa pengguna Internet Explorer saat ini mencapai 93,7%. Oleh karena itu, Internet Explorer dinyatakan sebagai browser yang paling banyak digunakan oleh para pengakses Internet.
2.      Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird)adalah penjelajah web antarplotform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Mozilla Firefox sekarang telah sampai ke versi 3.0.8.
   B.   Mengakses Halaman Web
Jika komputermu telah terhubung ke Internet, kamu dapat mengakses halaman web tertentu. Ayo perhatikan contoh berikut ini, kemudian coba kamu ikuti langkah-langkahnya untuk meningkatkan keterampilan teknismu dalam mengakses halaman web.
Mengakses halaman web:
1.      Buatlah sambungan dengan Internet, misalnya dengan dial up connection.
2.      Aktifkan program aplikasi (browser) yang akan dipakai,misalnya Internet Explorer. Carilah ikon atau shortcut Internet Explorer pada desktop atau taskbar untuk mengaktifkannya.
3.      Tulislah alamat http://www.yahoo.com pada Addres, kemudian klik tombol GO atau tekan enter.
4.      Setelah itu akan muncul tampilan alamat yang dituju, situs Yahoo!
   C.   Mengenal Mesin Pencari (Search Engine)
Mesin Pencari (Search Engine) merupakan situs tertentu yang dirancang khusus untuk menemukan alamat web site atau artikel berdasarkan kata kunci yang diinginkan oleh pencari informasi. Sekarang sudah banyak situs yang menyediakan mesin pencari (search engine) untuk memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para pengunjung situs tersebut.
1.      Mesin Pencari Google
Google merupakan mesin pencari yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh banyak orang. Alamat web site Google adalah http://www.google.com untuk layanan dalam bahasa Inggris atau http://www.google.co.id untuk layanan dalam bahasa Indonesia.

2.      Mesin Pencari Altavista
Altavista merupakan salah satu mesin pencari terbesar yang mampu menampilkan informasi dari basis data situs lain. Mesin pencari Altavista dapat diakses pada alamat http://www.altavista.com

3.      Mesin Pencari Excite
Mesin Pencari Excite dapat diakses di alamat http://www.excite.com. Excite merupakan salah satu mesin pencari yang mampu menampilkan informasi berupa web, gambar, berita, audio dan vidio.

4.      Mesin Pencari Yahoo
Mesin Pencari Yahoo dapat diakses di alamat http://www.yahoo.com untuk layanan dalam bahasa Inggris dan http://www.yahoo.co.id untuk layanan dalam bahasa Indonesia.

5.      Mesin Pencari Scirus
Scirus adalah mesin pencari khusus ilmu pengetahuan. Scirus  menambahkan sidebar yang menyaring hasil-hasil pencarian untuk akurasi maksimal, Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, dan TeX. Alamat situsnya adalah http://www.scirus.com.

6.      Mesin Pencari FinQoo
FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini ke dalam mesin pencari yang lebih baru. Salah satu fitur yang dimiliki oleh FinQoo adalah “Quick View” untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama. Alamat situsnya adalah http://www.finqoo.com.

7.      Mesin Pencari Alltheweb
Alltheweb dapat digunakan untuk mencari informasi di situs-situs internet. Selain itu, Alltheweb juga dilengkapi dengan kemampuan mencari informasi berupa gambar, video, MP3, dan file FTP. Alamatnya adalah http://www.alltheweb.com. Alltheweb tidak mampu mencari file-file PDF dan tidak pula menyediakan fasilitas sebuah situs.

   D.   Layanan Internet
Internet menghubungkan kita dengan dunia melalui komputer. Kamu dapat mengakses informasi yang ada di Internet dan kamu pun dapat diakses oleh seluruh komunitas di Internet. Fasilitas-fasilitas yang ada di internet adalah sebagai berikut :
1.      E-mail (Surat Elektronik)
Secara manual, kamu mengirim surat kepada orang lain melalui Kantor Pos dengan menyertakan ongkos dalam bentuk prangko. Pengirimannya memerlukan waktu yang cukup lama , apalagi daerah yang dituju letaknya jauh. Jika waktu pengirimannya ingin lebih cepat, ongkos yang dikeluarkan harus lebih besar.
Perbedaan e-mail dengan mengirim surat melalui Kantor pos :
a.       Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirimkan tidak terbatas karena diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpan (bytes). Kamu dapat mengirim ratusan bahkan ribuan lembar surat melalui e-mail.
b.      Pengiriman pesan/surat melalui e-mail dapat dilakukan ke banyak orang sekaligus.
c.       Pengiriman pesan/e-mail akan mempercepat waktu pengiriman.
d.      Pengiriman melalui e-mail tidak dipengaruhi keadaan cuaca.
2.      Mailing List (Milis)
Mailing list merupakan kumpulan atau daftar (list) orang-orang yang memiliki kegemaran atau profesi yang sama. Oleh karena itu, untuk membangun kebersamaan dan kerjasama sangat baik jika difasilitasi dengan milis.
3.      Chatting
Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengguna Internet dapat berkomunikasi melalui tulisan. Kemudian, rekan pengguna yang lain akan membalas dalam bentuk tertulis pula. Memang ada sedikit kekakuan dibandingkan percakapan langsung lewat telepon. Namun, bagi pengguna yang sudah biasa, chatting menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan kemampuan chatting yang disertai suara (sound). Bagi para pengguna yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan fasilitas Web Cam, mereka dapat melakukan chatting dengan melihat wajah rekan yang diajak bercakap-cakap.
4.      File Transfer Protocol (FTP)
Melalui Internet, kamu juga dapat mengirimkan berkas (file) yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik atau game kepada temanmu. Ini dapat dilakukan karena Internet menyediakan fasilitas layanan berupa File Transfer Protocol (FTP). Fasilitas FTP ini memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam internet.
5.      Telnet
Fasilitas Telnet memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah komputer dalam jaringan Internet seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu senndiri. Orang yang akan mengakses harus memiliki alamat IP, user ID, dan password dari komputer rekannya agar dapat mengakses secara langsung. Melalui fasilitas telnet, pengakses dapat secara langsung bertukar file yang berisi tulisan, gambar, film, lagu, atau game.
6.      Teleconference (Konferensi Jarak Jauh)
Aplikasi chatting terus berkembang sampai terciptanya voice chat, yang kemudian menjadi teleconference. Caranya adalah dengan menambahkan sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga kualitasnya dapat dipertahankan. Ditambah dengan layanan multimedia Internet, para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconference yang lebih sempurna. Tujuannya adalah agar para pengakses yang menggunakan Internet dapat melakukan percakapan jarak jauh dengan saling memandang satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates